KESEHATAN

Serum Vitamin C Ampuh Hilangkan Jerawat, Catat Efek Sampingnya!

Serum Vitamin C
Ilustrasi. Serum Vitamin C

MEMONESIA.com – Pemilik kulit wajah sensitif kerap kali menganggu penderitanya. Sebab, sangat mudah iritasi, raum merah, hingga rentan timbulnya jerawat.

Memilih cara-cara yang tepat dalam mengatasi kulit sensitif bagi penderitanya sangat menentukan keberhasilan. Tidak sedikit kesalahan dalam mengatasi kulit sensitif terjadi, bahkan justru malah memeperparah keadaan.

Serum vitamin C termasuk salah satu produk perawatan kulit atau skincare yang direkomendasikan untuk pemilik kulit berjerawat. Namun, pemilihan dan pemakaian produk ini perlu cermat dan tepat agar tidak membuat jerawat semakin parah.

Baca Juga : 10 Manfaat Serum Vitamin C, Tidak Hanya Memutihkan Kulit

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui manfaat, efek samping, dan cara pakai serum vitamin C untuk jerawat.

Advertisements

Manfaat serum vitamin C untuk jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan dengan pori-pori kulit yang tersumbat dan meradang.

Kondisi ini membuat munculnya benjolan kecil bernanah di bagian dalamnya. Setelah meradang, jerawat juga kerap meninggalkan bekas luka yang mengganggu penampilan.

Dilansir dari WebMD, ada beberapa manfaat serum vitamin C untuk jerawat yang sayang dilewatkan, di antaranya:

  • Mengurangi peradangan pada jerawat

Serum vitamin C mengandung zat anti-peradangan. Dengan begitu, zat ini bisa mengurangi kemerahan, bengkak, dan radang pada jerawat.

  • Membantu menghilangkan bekas luka jerawat

Jerawat acapkali meninggalkan bintik hitam atau bekas yang mengganggu penampilan. Serum vitamin C bisa mengurangi masalah hiperpigmentasi ini dengan cara mengurangi efek enzim tirosin. Enzim ini yang memproduksi melanin dan membuat kulit tampak lebih gelap.

Advertisements
  • Membuat tampilan kulit berjerawat lebih bersih dan cerah

Serum vitamin C juga bisa membuat tampilan kulit berjerawat semakin bersih dan cerah. Kandungan skincare ini bisa mengurangi bintik-bintik hitam dan meratakan kulit.

  • Membantu mengatasi bopeng bekas jerawat

Manfaat serum vitamin C untuk jerawat yang sayang dilewatkan lainnya yakni mengatasi bopeng jerawat saat peradangan meninggalkan jaringan parut. Kandungan zat ini bisa merangsang sintesis kolagen untuk regenerasi dan mengurangi bopeng bekas jerawat.

Efek samping serum vitamin C untuk jerawat

Sebagian besar serum vitamin C umumnya aman untuk kulit berjerawat. Tapi, Anda perlu cermat memilih produk skincare ini agar tidak terkena iritasi.

Dilansir dari Self, ahli dermatologi menganjurkan pemula sebaiknya mulai menggunakan serum vitamin C dengan kadar maksimal 10 persen.

Formula serum vitamin C dengan kadar yang terlalu tinggi bisa menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat.

Advertisements

Jika kondisi kulit cenderung sensitif, sebaiknya hindari produk serum vitamin C dengan bahan aktif asam L-askorbat. Produk ini bisa menyebabkan kulit kemerahan dan kering.

Sebagai gantinya, pemilih kulit berjerawat yang cenderung sensitif dianjurkan untuk menggunakan serum vitamin C dengan bahan aktif magnesium ascorbyl phosphate. Produk ini cenderung tidak mengiritasi kulit.

Selain itu, hindari penggunaan serum vitamin C bersama-sama dengan alpha hydroxy acid (AHA), beta hydroxy acids (BHA), salicylic acid, lactic, glycolic acid, benzoil peroksida, dan retinol karena bisa mengurangi efektivitas produk.

Setelah mengetahui manfaat serum vitamin C untuk jerawat beserta kemungkinan efek sampingnya di atas, Anda bisa menentukan perlu tidaknya menggunakan skincare ini.

Jika setelah dua minggu kulit berjerawat tidak bisa menyesuaikan diri dan jerawat semakin parah, setop pemakaian. Agar lebih aman, baiknya Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan skincare ini. (Redaksi)

Comments

POPULER

To Top