KULINER

Escargot, Makanan Asal Prancis Yang Kaya akan Gizi, Apakah Halal?

escargot
Makanan khas prancis escargot (Thedailymeal)

MEMONESIA.COM – Satu lagi nama makanan yang terdengar asing bagi sebagian telinga orang Indonesia yaitu escargot.

Escargot merupakan salah satu makanan yang berbahan utama siput dan menjadi makanan favorit di negara Prancis dengan harga yang lumayan mahal.

Memiliki tekstur yang kenyal dan berlendir ternyata makanan ini banyak disukai di negara asalnya.

Dikutip dari situs Little Upgrades melalui grid.id , tekstur dan rasa escargot mirip seperti kerrang.

Jika di tanah pasundan mungkin kita pernah mendengar salah satu makanan yang berbahan utama mirip bekicot yaitu tutut yang merupakan olahan dari bekicot sawah berwarna hitam.

Advertisements

Makanan ini bukanlah makanan yang hanya sekedar tren sesaat, terbukti bahwa ada 700 juta bekicot tiap tahunnya yang dikonsumsi masyarakat Prancis.

Baca Juga: Natto, Kedelai Fermentasi yang Viral di TikTok

Jadi tidak mengherankan jika makanan ini disajikan secara professional dan menjadi menu utama di beberapa restoran ternama, dengan perpaduan olahan saus mentega yang kaya rasa.

Banyak yang mengatakan bahwa bekicot memiliki rasa seperti ayam atau ikan jika diolah dengan tepat.

Saat bekicot diolah menjadi escargot, daging bekicot akan menyatu dengan rasa saos mentega yang menjadi bahan olahannya dan dihidangkan dengan roti.

Makanan memiliki kandungan gizi yang baik, kandungan protein tinggi, rendah karbohidrat  kaya akan zat besi, magnesium, kalium, fosfor, vitamin B kompleks, dan vitamin E yang penting sebagai antioksidan.

Advertisements

Dengan kandungan protein yang tinggi, komponen asam amino penyusun protein juga ditemukan dalam jumlah yang cukup banyak.

Asam amino mampu meningkatkan imunitas tubuh terhadap berbagai jenis penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun virus.

Baca Juga: Sajian 10 Menu Olahan Daging untuk Idul Adha

Laman: 1 2

Halaman:
Comments

POPULER

To Top