OTOMOTIF

Baru Tahu, Ternyata Ini Arti Huruf ‘E’ Pada Indikator Bahan Bakar

Indikator Bahan Bakar
Indikator bahan bakar (garasi.id)

MEMONESIA.COM – Saat berkendara pasti kita sering melihat huruf ‘E’ dan ‘F’ pada indikator bahan bakar untuk memastikan bahwa bahan bakar kendaraan kita cukup sebelum kita memutuskan untuk melanjutkan perjalanan.

Tapi selama ini masih banyak yang salah dalam mengartikan huruf ‘E’ pada indikator bahan bakar tersebut.

Sebab, arti huruf E pada indikator bahan bakar tersebut bukanlah ‘Empty’ atau kosong seperti yang selama ini banyak orang artikan. Memang jika diartikan sebagai lawan kata Full alias penuh pada indikator ‘F’ adalah Empty alias kosong pada indikator ‘E’.

Dikutip dari detikoto, huruf ‘E’ pada indikator bahan bakar kendaraan tersebut, bukanlah bermakna Empty alias kosong, tapi huruf ‘E’ tersebut memiliki arti ‘Emergency’ atau darurat.

Baca Juga: Fitur Melimpah Hyundai Stargazer yang Bikin Pesaingnya Minder

Advertisements

Alasannya adalah karena saat jarum menunjuk huruf E, isi bahan bakar pada tanki kendaraan tidaklah benar-benar kosong.

Tapi lebih kepada sebuah peringatan Emergency atau darurat untuk mengingatkan pengendara bahwa sudah waktunya pengisian bahan bakar sebelum isi tanki benar-benar habis.

Pada posisi tersebut rata-rata isi bahan bakar pada tanki masih menyisakan sekitar 10 persen. Sehingga meski jarum sudah menunjuk huruf E, kendaraan yang kita kendarai masih dapat berjalan hingga jarak tertentu.

Hal ini guna menghindari agar pengendara tidak benar-benar kehabisan bahan bakar di tengah jalan saat sedang melakukan perjalanan jarak jauh.

Baca Juga: Xiaomi Bakal Produksi Masal Mobil Listrik Tanpa Sopir 2024

Ibarat pepatah mengatakan, sedia payung sebelum hujan, maka segeralah mengisi ulang bahan bakar kendaraan anda saat jarum indikator menunjuk huruf E daripada harus mendorong kendaraan dikarenakan kehabisan bensin.

Advertisements

Dewasa ini beberapa kendaraan sudah menggunakan indikator bahan bakar digital, saat bahan bakar hampir kosong, biasanya huruf E atau logo bergambar pompa bensin akan berkedip terus menerus.

Jika indikator tersebut sudah berkedip, maka segeralah melakukan pengisian ulang bahan bakar dengan mencari SPBU terdekat agar perjalananmu tidak terganggu.

Comments

POPULER

To Top